Perbedaan Saham Obligasi dan Reksadana

By
perbedaan saham obligasi dan reksadana


Perbedaan saham obligasi dan reksadana - Apa yang Anda tahu tentang Saham, Obligasi dan Reksadana?. Ketiganya merupakan jenis produk investasi yang biasa kita dengar. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai ketiganya, berikut adalah pengertian saham, obligasi dan reksadana.

Saham

Pengertian saham adalah: Suatu instrumen keuangan (finansial) yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan dengan mengacu pada nilai atau pembukuan.

Saham terbagi atas 2 kategori yaitu:

  1. Saham biasa
  2. Saham preferen

Beradasarkan jenis saham yang diperjual belikan, saham dibagi jadi 5 jenis saham yakni:


1. Saham Blue chip (BlueChip Stocks)
Adalah saham biasa dari suatu perusahaan yang memiliki reputasi tinggi, sebagai pemimpin (leader) dalam industri sejenismya, mempunyai pendapatan yang secara konsisten dan stabil dalam membayar dividen.

2. Income Stocks
Saham dari suatu perusaahan yang mampu memberikan dividen lebih tinggi dari rata – rata dividen tahun lalu. Saham seperti ini biasanya dapat memberikan pendapatan yang lebih tinggi dan secara teratur membagikan dividen tunai dan tidak suka menekan laba serta tidak mementingkan potensi.

3. Saham pertumbuhan (Growth Stocks)

Saham growth stocks terbagi 2 yakni: Well know dan Lesser Known
  1. Well – Known adalah Saham dari emiten yang mempunyai pertumbuhan pendapatan yang tinggi, dan merupakan pemimpin di industri sejenis dengan reputasi tinggi.
  2. Lesser – Known adalah Saham dari emiten yang buakan sebagai pemimpin dalam industri, akan tetapi mempunyai ciri growth stock.

4. Saham spekulasi (Speculative Stock)

Saham dari suatu perusahaan yang tidak bisa secara konsisten memberikan penghasilan setiap tahunnya, akan tetapi mempunyai kemungkinan untuk memperoleh penghasilan yang lebih tinggi di masa yang akan datang meski masih menjadi spekulasi (belum pasti).

5. Counter Cyclical Stockss

Saham yang tidak begitu terpengaruh dengan kondisi ekonomi makro atau situasi bisnis secara umum. Ketika terjadi resesi ekonomi, harga dari jenis saham ini tetaplah tinggi, di mana kemampuan emitennya dapat memberikan dividen yang tinggi meski dalam keadaan resesi ekonomi.

Obligasi

Pengertian obligasi adalah Sertifikat atau surat berharga yang isinya berupa kontrak peminjaman hutang atas dana pinjaman yang diterima penerbit obligasi dari pemodal (pemberi pinjaman) atau dengan kata lain surat utang.

Dari sisi penerbit surat obligasi terbagi 3 yaitu:

  1. Government bond adalah obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.
  2. Corporate bond adalah obligasi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan.
  3. Municipal bond adalah obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Reksadana

Pengertian reksadana adalah suatu wadah yang dikelola dengan bertujuan untuk mengelola dana dari masyarakat untuk di investasikan oleh manajer investasi (MI) ke dalam instrumen investasi seperti: saham, pasar uang dan yang lainnya.

Keuntungan reksadana daripada lainnya yakni dana Anda akan dikelola oleh orang yang benar ahli dibidangnya dan bisa dilakukan dengan modal yang minim.

Dalam reksadana akan menerima keuntungan dari selisih Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang dijual.

Jenis reksadana


  • Reksadana saham
  • Reksadana campuran
  • Reksadana pendapatan tetap
  • Reksadana pasar uang
  • Reksadana index


Itulah perbedaan saham, obligasi dan reksadana banyak plus minus dari ketiga instrumen investasi di atas, pilih sesuai profil Anda ya.

- INSPIRASI KITA -







Tags: reksadana obligasi terbaik, alur proses investasi reksadana, sifat saham, reksadana dan saham, reksadana obligasi adalah, pengertian reksadana obligasi, perbedaan reksadana dan deposito, simulasi pasar modal

0 komentar:

Poskan Komentar